Menjaga kesolidan tim yang bekerja dari rumah

Paket Outbound Semarang

Kerja tim – kerja dari rumah

Adanya wabah virus corona di Indonesia membuat pemerintah pusat dan daerah mewajibkan Anda untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Namun bagi ribuan orang tua, bekerja di rumah alias bekerja jarak jauh merupakan tantangan ekstra.

Dalam kondisi seperti ini, kerja dari rumah jadi opsi yang bisa diambil. Ini bukan hal yang mudah. Apalagi jika kita terbiasa bekerja dan berkomunikasi secara langsung. Banyak gangguna yang membuyarkan konsentrasi pekerjaan. Berikut tips agar tim tetap solid dan efektif menjalankan tugasnya

Membuat persiapan.

Kerja dari rumah bukan berarti santai-santai ya. Ini bekerja bukan liburan. Menurut Aircall, usahakan persiapkan diri sebaik mungkin seperti halnya Anda sedang bekerja di kantor. Mandi pagi sebisa mungkin, sarapan, lalu membuat kopi atau teh untuk menemani kerja Anda nanti.

mengatur jadwal

Kunci sukses bekerja yang paling dominan adalah mengatur jadwal. Membuat rencana waktu pengerjaan tiap tugas.

menyiapkan posisi kerja yang nyaman

Ada orang yang nyaman ketika bekerja di sofa maupun kasur sekali pun. Namun, jika kamu merasa tidak nyaman ketika bekerja di atas kasur, maka sebaiknya hindari hal tersebut.

Sebab, ada juga beberapa orang yang justru malas-malasan bekerja di atas kasur. Bekerjanya hanya sebentar, lalu biasanya tidur-tiduran dan pada akhirnya justru menunda pekerjaan.

Buat suasana ruangan seperti di kantor

Meskipun berada di rumah, Anda dapat membuatnya menjadi seperti suasana kantor. Bisa membuat kopi atau teh terlebih dahulu di pagi harinya, lalu siap menghadap laptop yang sudah ditaruh di atas meja.

Hindari aktivitas yang mengganggu

Fokuslah pada pekerjaan kita. Kalau perlu list dulu apa saja aktivitas yang dapat membuat kamu kehilangan fokus. Lalu hindari hal itu

Banyak berkomunikasi

Komunikasi adalah nomor 1 yang harus Anda pikirkan sepanjang waktu. Ketika waktunya bekerja, dia bilang harus bersikap transparan kepada rekan kerja Anda tentang fakta Anda juga mau tidak mau memenuhi kebutuhan anak-anak Anda, sehingga rekan kerja Anda tidak terkejut dengan kerja Anda

Tetapkan batasan dengan anak-anak

Selain berkomunikasi dengan rekan kerja, penting juga menetapkan batasan dengan anak-anak ketika Anda bekerja dari jarak jauh, terutama jika anak-anak berusia sekolah. Mungkin saja akan membantu jika anak-anak Anda bisa menonton TV lebih banyak dan memainkan game lebih banyak agar mereka teralihkan

Bergiliran

Jika Anda dan pasangan Anda dalam posisi sama-sama bekerja dari rumah, Reynolds menyarankan Anda untuk bergantian shift dengan pasangan Anda. Hal tersebut membuat pekerjaan jauh lebih mudah. Jika shift bergiliran dengan pasangan bukanlah suatu pilihan, Cameu menyarankan mengadopsi jadwal yang ketat dan perencanaan ekstra. Hal itu akan menjadi kunci untuk memaksimalkan hari Anda.

Jangan lupa istirahat

Tanpa pengingat waktu, asyik bekerja bisa membuat kamu lupa waktu makan, waktu istirahat, dan ibadah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda bagikan kepada tim Anda agar kesolidan dan produktivitas tim tetap terjaga

Teman Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Butuh bantuan kak? Chat saya